Tips Trik dan Cara Jitu Membudidayakan Pandan

SeputarBudidaya - Membudidayakan tanaman pandan tidaklah sesulit membudidayakan tanaman padi. Pengolahan media tanam untuk pandan hanya dilakukan ketika bibit pandan akan ditanam. Pandan dapat dipanen setelah satu setengah hingga dua bulan selama 20 tahun.

Untuk membudidayakan pandan, maka langkah pertama yang harus dilakukan ialah mengolah media tanamnya terlebih dahulu. Untuk pengolahan tanah, pertama-tama buat lubang tanah dengan jarak 1 m x 1 m dan berukuran 20 cm x 20 cm x 20 cm.


Tips Trik dan Cara Jitu Membudidayakan Pandan
Image by Google
Setelah itu, setiap lubang tanam diberi pupuk kandang sebanyak 2 kg. setelah diberi pupuk kandang, maka lubang tanam sudah bisa untuk langsung ditanami bibit. Bibit sebaiknya diambil dari tunas tunggal tanaman pandan yg sudah menghasilkan. Tunas itu harus berakar gantung karena kalau tidak biasanya tidak mau tumbuh. Setelah penanaman bibit dilakukan, maka langkah selanjutnya ialah pemupukan.

Pemupukan dilakukan tiga bulan setelah masa tanam. Bibit pandan sebaiknya diberikan pupuk buatan dengan dosis 50 gram urea ZA dan 20 gram KCI untuk setiap tanaman atau bibitnya. Selain itu, sebaiknya pemupukan dilakukan setelah penyiangan gulma. Kemudian setelah umur tanam 1 tahun diberi pupuk kandang & pupuk buatan dng dosis yang sama. Setelah itu, tanaman pandan tidak perlu dipupuk lagi.

Setelah pemupukan, maka selanjutnya adalah perawatan. Tanaman pandan biasanya dapat diserang oleh hama penggerek pucuk. Biasanya, para petani menyebut hama tersebut dengan nama ulam.

Setelah masa tanam selama 3 tahun, kamu bisa melakukan panen untuk pertam kalinya. Namun, untuk panen kedua dan seterusnya panen bisa dilakukan setelah 1,5 hingga 2 bulan dengan kelangsungan panen selama 10 hingga 20 tahun.

Daun pandan yang sudah dipanen sebaiknya diolah sebelum menggulung. Caranya dengan daun dibelah keicl lalu diikat dan lansung direbus sekitar 10 hingga 30 menit. Setelah direbus, daun direndam selama selama menggunakan air dingin lalu dijemur keesokan harinya sampai kering.


Demikian Tips Budidaya Pandan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan jangan lupa untuk berkomentar ya..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Trik dan Cara Jitu Membudidayakan Pandan"

Posting Komentar