Hama dan Penyakit pada Tanaman Karet : Penyakit Akar Merah

SeputarBudidaya - Hama dan penyakit pada tanaman karet. Penyebab penyakit akar merah adalah Ganoderma pseudoferrum. Penyakit akar merah merupakan jenis penyakit berbahaya pada tanaman karet. Serangannya sangat lambat sehingga gejalanya baru tampak beberapa tahun setelah serangan. Tanaman karet akan mati setelah terserang jamur selama 5 tahun.

Penularan penyakit ini biasanya terjadi akibat persinggungan antara akar yang sehat dengan kar tanaman yang sakit. Selain itu juga melalui angin yang membawa spora jamur.

Gejala yang ditimbulkan adalah warna daun berubah menjadi pucat suram kemudian menguning dan akhirnya berguguran.perakaran tanaman diliputi benang-benang jamur berwarna merah muda sampai tua. Akibatnya akar tanaman karet membusuk dan berwarna jingga kehitaman.

Pengendalian
Prisip pengendalian jamur akar merah sama dengan pengendalian penyakit akar putih. Hal terpenting yang harus dilakukan adalah melakukan pencegahan sedini mungkin. Tanaman yang ada gejala terserang harus segera diobati untuk mencegah meluasnya serangan.

Semoga artikel mengenai Hama dan Penyakit pada Tanaman Karet ini bisa bermanfaat buat para pembaca SeputarBudidaya.com.

hama dan penyakit pada tanaman karet,penyakit akar merah,hama dan penyakit pada karet,hama tanaman karet,hama penyakit tanaman karet,hama karet,penyakit akar pada tanaman karet,penyakit akar karet,akar merah,jamur Ganoderma pseudoferrum penyebab penyakit akar merah

http://www.seputarbudidaya.com/2016/12/agensia-hayati-tricoderma-gliocladium.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hama dan Penyakit pada Tanaman Karet : Penyakit Akar Merah"

Posting Komentar